Jumat, 29 Mei 2015

Artikel : Pengangguran

PENGANGGURAN


Salah satu yang menjadi penyebab menurunnya pendapatan perkapita suatu Negara adalah Pengangguran. Masalah ini memang setiap tahunnya selalu dihadadapi oleh setiap Negara di dunia. Begitu juga dengan Negara kita, Indonesia. Berdasarkan sumber dari Bank Dunia dan Badan Pusat Statistik persentase pengangguran di Indonesia pada tahun 2014 sebesar 5.9% dari total tenaga kerja


       Ada beberapa jenis kriteria pengangguran, seperti berdasarkan jam kerja dan penyebab terjadinya. Berdasarkan jam kerja ada tiga macam pengangguran, pertama pengangguran terselubung (disguised unemployment) yaitu tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena alasan tertentu, kedua pengangguran setengah menganggur (under unemployment) yaitu tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan, biasanya tenaga kerja setengah menganggur ini merupakan tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu, ketiga pengangguran terbuka (open unemployment) yaitu tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan. Pengganguran jenis ini cukup banyak karena memang belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal.

Berdasarkan penyebab terjadinya dibagi menjadi 9 macam, pengangguran friksional (frictional unemployment) yaitu pekerja menunggu pekerjaan yang lebih baik, pengangguran struktural (Structural unemployment) yang disebabkan oleh penganggur yang mencari lapangan pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan pembuka lapangan kerja, pengangguran teknologi (Technology unemployment) yang disebabkan perkembangan/pergantian teknologi, pengangguran kiknikal yang disebabkan kemunduran ekonomi yang menyebabkan perusahaan tidak mampu menampung semua pekerja yang ada, pengangguran keahlian yang disebabkan karena tidak adanya lapangan kerja yang sesuai dengan bidang keahlian, pengangguran total yaitu pengangguran yang benar-benar tidak mendapat pekerjaan, karena tidak adanya lapangan kerja atau tidak adanya peluang untuk menciptakan lapangan kerja, pengangguran unik yaitu pekerja yang menerima gaji secara rutin tanpa pemotongan, tetapi di tempat kerjanya hanya sering diisi dengan bercerita sesama pekerja karena minimnya pekerjaan yang harus dikerjakan, pengangguran setengah menganggur yaitu pekerja yang jam kerjanya <35jam perminggu, dan pengangguran musiman yaitu pengangguran akibat siklus ekonomi yang berfluktuasi karena pergantian musim.


Dilihat dari berbagai jenis pengangguran yang ada, saya akan memberikan contoh pengangguran yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal. Pertama, tentunya kita semua tahu penjual buah durian akan berjualan saat musimnya saja. Dari contoh penjual durian itulah ia dinamakan pengangguran musiman. Kedua, buruh  konstruksi/bangunan yang telah menyelesaikan pekerjaan di suatu proyek, untuk sementara menganggur sambil menunggu proyek berikutnya, mereka termasuk dalam golongan pengangguran setengah menganggur.
 
            Jika ada pengangguran pastilah ada akibat yang akan dirasakan oleh perekonomian Negara seperti penurunan pendapatan perkapita, meningkatnya biaya sosial yang harus dibayar pemerintah, menambahnya hutang Negara dan dampak bagi masyarakat adalah pengangguran merupakan beban psikologis dan psikis, dapat menghilangkan keterampilan karena tidak digunakan untuk bekerja, dan akan menimbulkan ketidakstabilan sosial dan politik.

             Pemerintah dan masyarakat harus ikut andil dalam mengatasi masalah pengangguran ini, seperti dengan  peningkatan mobilitas modal dan tenaga kerja, mengadakan pelatihan kerja untuk mengisi formasi kesempatan (lowongan) kerja yang kosong, perluasan kesempatan kerja dengan cara mendirikan industri-industri baru (yang bersifat padat karya), juga dapat dilakukan dengan menggalakkan pengembangan sektor informal (seperti home industry), meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, menyelenggarakan bursa pasar kerja, mendorong investasi, melakukan deregulasi dan debirokrasi, dsb.
 





**----------------------------------------------------------------------**

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengangguran


-----
Dessy Novianty ( 22214768 )
Perekonomian Indonesia #

1 komentar:


  1. Ayo segera bergabung bersama kami di www.LegendaQQ.net

    Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang LEGENDARIS !!!
    AGEN POKER ONLINE TERBAIK DAN TERPERCAYA
    Rasakan sensasi bermain di website kami dengan minimal deposit Rp.20.000 Dan withdraw Rp 20.000

    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hub Cs Kami
    Contact Us :
    + live chat : legendaQQ.net
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    link alternatif :
    * Legendapelangi.com
    * Legendaqq.net
    * Legendaqq.org

    BalasHapus

.blogger-iframe-colorize {display: block !important; }