Selasa, 25 November 2014

Memilih Jurusan AK | Jenis Bidang Akuntansi | Laporan Keuangan

Memilih Jurusan Akuntansi ??

          Alasan memilih jurusan Akuntansi adalah ingin mempelajari dan mengasah ilmu mengenai ilmu akuntansi itu sendiri. Karena sudah melewati waktu kuliah yang beberapa bulan ini, saya berpikir dengan memilih jurusan ini, saya pernah diajarkan jika nantinya saya sebagai lulusan akuntansi haruslah menjadi jujur dalam mengerjakan dan melaporkan apa yang kita buat bagi kepentingan bersama. Apalagi akuntansi ini menyangkut banyak orang dalam mengomunikasikannya kepada pihak baik internal maupun eksternal.
Menurut saya, ilmu Akuntansi yang saya dapatkan ini mengajarkan saya bagaimana melakukan sesuatu secara bertahap, teliti, cekatan dan hati-hati dalam mengerjakan suatu hal. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari dengan ilmu akuntansi ini kita dapat menggunakannya sebagai alat bagi kita untuk memperhitungkan apa saja transaksi yang kita lakukan setiap harinya. Jadi kita bisa mengetahui berapa pengeluaran pada periode tertentu dan langkah apa yang harus kita lakukan dalam mengatasi pengeluaran yang berlebih.


==================================
Jenis-jenis Bidang Akuntansi


AKUNTANSI adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasikan, meringkas, mengolah dan menyajikan data transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan.
Jenis-jenis kegiatan / Bidang usahanya :
- Perusahaan jasa : perusahaan yang menjual jasa pelayanan bukan benda / barang. Disini tidak ada yang namanya retur ( pengembalian barang ). Contoh perusahaan jasa : Rumah sakit, Bengkel, Salon, Dll.

- Perusahaan Dagang : Perusahaan yang menjual baranmg dagangan. apabila saat penjualan barang dagangan ada barang yang rusak bisa di kembalikan ke perusahaan atau biasanya disebut retur penjualan. Contoh :Distributor, Agen Tunggal, Pengecer, Toko swalayan, dsb.

- Perusahaan Manufaktur : Perusahaan yang mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi kemudian menjualnya. Contohnya : Beberapa industri seperti produsen, perusahaan mebel, semi konduktor dan Baja.


==================================
Laporan Keuangan dan Syarat yang harus ada di dalamnya

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :
  • Neraca
  • Laporan laba rugi komprehensif
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
  • Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan 

 *Syarat yang harus ada di dalam Laporan Keuangan*


1. LAPORAN LABA RUGI (Inggris:Income Statement atau Profit and Loss Statement) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.

Unsur-unsur laporan laporan laba rugi biasanya terdiri dari:
- Pendapatan dari penjualan
--Dikurangi Beban pokok penjualan
-Laba/rugi kotor
--Dikurangi Beban usaha
-Laba/rugi usaha
--Ditambah atau dikurangi Penghasilan/beban lain
-Laba/rugi sebelum pajak
--Dikurangi Beban pajak
-Laba/rugi bersih

2. LAPORAN PERUBAHAN EKUITAS : adalah laporan dibuat untuk mengetahui bertambahnya atau berkurangnya harta perusahaan.Sebab-sebab Perubahan ekuitas :
Modal awal
Ditambah Laba bersih / Dikurang Rugi
Dikurangi Prive

3. NERACA

Neraca atau laporan posisi keuangan (bahasa Inggris: balance sheet atau statement of financial position) adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut:
  • aset = liabilitas + ekuitas
Informasi yang dapat disajikan di neraca antara lain posisi sumber kekayaan entitas dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas tersebut dalam suatu periode akuntansi (triwulanan, caturwulanan, atau tahunan).


4. LAPORAN ARUS KAS
Laporan arus kas (Inggris: cash flow statement atau statement of cash flows) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan aliran masuk dan keluar uang (kas) perusahaan.
Yang mempengaruhi arus kas adalah :
  •  Arus kas dari aktivitas operasional berasal dari aktivitas produksi normal, perusahaan penjualan barang dan jasa.
  • dari aktivitas pendanaan berasal dari kenaikan atau penurunan pendanaan utang dan pendanaan ekuitas dan dari pembayaran deviden kepada pemegang saham.

BUKTI-BUKTI TRANSAKSI KEUANGAN : yaitu dokumen pendukung yang merekam transaksi-transaksi ./ kejadian-kejadian dalam perusahaan yang bersifat financial.contohnya kwitansi, nota kredit, nota kontan, faktur , nota debit, cek, bilyet giro, memo



=========
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Laporan_arus_kas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.blogger-iframe-colorize {display: block !important; }