Manajemen Pemasaran atau Manajemen Permintaan ?
Manajemen Pemasaran disebut juga dengan Manajemen Permintaan.
Manajemen
pemasaran adalah suatu analisis,perencanaan,implementasi,dan pengendalian dari
program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan
pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan
organisasi, oleh karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai
manajemen permintaan.
Pada dasarnya
manajemen permintaan (demand management)
didefinisikan sebagai suatu fungsi pengelolaan dari semua permintaan produk
untuk menjamin bahwa penyusunan jadwal induk (master scheduler) mengetahui dan menyadari semua permintaan produk
itu.
==============================
Kebutuhan & Keinginan berdasar Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan dalam konsep pemasaran merupakan
suatu hal yang penting baik bagi konsumen maupun pemasar karena dari
kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk yang akan di pasarkan kepada
konsumen sehingga sangat berkaitan dengan pemasar.
Keinginan merupakan suatu hal yang diinginkan dan
diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang di dambakan baik oleh konsumen
maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar berkeinginana untuk bisa
memuaskan konsumen serta dapat memajukan perusahaannya.
==============================
Perbedaan Pasar dan Pemasaran
Pasar adalah salah satu dari berbagai
sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha
menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.
Dalam
ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan
pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran
barang atau jasa untuk uang adalah transaksi.
Pemasaran
Pemasaran adalah suatu sistem total
dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga,
promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan
mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
Philip Kotler (Marketing) pemasaran
adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
melalui proses pertukaran.
=============================
Bauran Pemasaran ( Marketing Mix )
Bauran
pemasaran merupakan
suatu kerangka kerja yang membantu dalam penyusunan suatu pendekatan untuk
setiap pasar. Bauran pemasaran merupakan suatu kumpulan variabel yang
dapat dikontrol yang ditawarkan kepada (dan mempengaruhi) pelanggan.
Variabel-variabel tersebut meliputi: produk/jasa itu sendiri, ketersediaannya, imagenya
(cara promosinya), dan harga yang harus dibayar untuk mendapatkannya.
Variabel-variabel
tersebut merupakan sejumlah unsur (4P) dimana seorang manajer pemasaran
harus membaurkannya secara bersama-sama dalam mengoptimalkan sejumlah sumber
daya yang terbatas.
Product
(produk),
yaitu kualitas produk atau jasa, fungsi-fungsi, sifat, ciri-ciri, dan
keuntungan karena desain dan pengepakan, garansi/jaminan, serta pelayanan purna
jual (after sales service). Berbagai pilihan bisa dibuat untuk
aspek-aspek mana pun.
Price (harga), meliputi harga yang ditawarkan kepada end-user, harga perdagangan distributor, diskon/potongan tunai, diskon besar-besaran dan kredit berjangka.
Place (tempat), di mana dan kapan para pelanggan membeli dan mengkonsumsi produk atau jasa itu. Tempat kadang-kadang dihubungkan dengan saluran pemasaran, distribusi fisik logistik atau lokasi.
Promotion (promosi), merupakan bauran promosi atau bauran komunikasi. Bauran ini meliputi reklame/periklanan, promosi penjualan, publisitas atau pemberitaan, direct mail, pertunjukan, pameran, pengepakan, penjualan, dan juga secara lisan (dari mulut ke mulut).
Price (harga), meliputi harga yang ditawarkan kepada end-user, harga perdagangan distributor, diskon/potongan tunai, diskon besar-besaran dan kredit berjangka.
Place (tempat), di mana dan kapan para pelanggan membeli dan mengkonsumsi produk atau jasa itu. Tempat kadang-kadang dihubungkan dengan saluran pemasaran, distribusi fisik logistik atau lokasi.
Promotion (promosi), merupakan bauran promosi atau bauran komunikasi. Bauran ini meliputi reklame/periklanan, promosi penjualan, publisitas atau pemberitaan, direct mail, pertunjukan, pameran, pengepakan, penjualan, dan juga secara lisan (dari mulut ke mulut).
===========================
Thanks to..
Sources :
Book :
Production Plan. & Invent. Control (
Vincent Gaspers – Gramedia Pustaka Utama )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar